PMB Online

PMB Online STAHN Tampung Penyang Palangka Raya

Perpustakaan Online

Ecampus SIAKAD

Sistem Informasi Akademik STAHN Tampung Penyang

Encyclopedia

Jurnal Online

Layanan Pengadaan

Webmail

Webmail STAHN Tampung Penyang

Find Our Location

Jurusan Dharma Acarya STAHN TP Gelar PPM

Pembekalan program praktek mengajar (PPM) ke 18 dilakukan selasa tanggal (06-02-2018) bertempat di aula mahasiswa STAHN TP Palangka Raya, diikuti oleh 51 mahasiswa program studi pendidikan Agama Hindu angkatan tahun 2016/2017 yang akan ditempatkan di SD, SMP, SMA baik sekolah yang berstatus negeri ataupun sekolah swasta yang ada di kota palangka Raya.

Sebagai calon pendidik, mahasiswa program studi kependidikan Agama Hindu seyogyanya mengetahui tentang proses belajar mengajar di sekolah. Oleh karena itu, mereka perlu dibekali dengan pengalaman praktik mengajar terjun langsung ke sekolah-sekolah.Tujuannya adalah memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran di sekolah, dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan sekaligus membuka kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal, mempelajari, dan menghayati permasalahan sekolah atau lembaga yang terkait dengan proses pembelajaran/layanan.

PPM Mahasiswa DA

Kegiatan praktik lapangan ini pada akhirnya akan meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah dikuasai secara teoritis yang diperoleh dikampus ke dalam pembelajaran di sekolah atau layanan di lembaga.

Mahasiswa prodi kependidikan di STAHN TP Palangka Raya melakukan kegiatan magang mengajar yang terintegrasi dengan Program Praktek mengajar (PPM) di beberapa sekolah di Palangka Raya. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan ruang beraktualisasi serta berexpresi sebagai pengalaman belajar bagi mahasiswa, terutama dalam hal pengalaman mengajar, memperluas wawasan, pelatihan dan pengembangan kompetensi yang diperlukan dalam bidangnya, peningkatan keterampilan, kemandirian, tanggung jawab, dan kemampuan dalam memecahkan masalah dalam proses belajar mengajar.
PPM memiliki Lima butir standar kompetensi yaitu memahami karakteristik peserta didik, menguasai bidang studi, menguasai metodologi pembelajaran yang mendidik, memiliki kepribadian sebagai guru dan penguatan pengetahuan Local Wisdom sebagai karakteristik khusus.

Dalam sambutannya, Ketua Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Tampung Penyang Palangka Raya yang diwakili wakil ketua I, Dr Pranata.,S.Pd.,M.Si mengatakan, PPM merupakan sarana, Ruang Aktualisasi Tempat praktik ilmu keguruan dan akademik pada masyarakat. “Mahasiswa harus mempunyai kemampuan adaptif karena akan memudahkan serta memperlancar tugas program pengalaman lapangan” kata Pranata, “tunjukkan bahwa kalian punya kesiapan untuk mengikuti praktik, karena hal itu akan menumbuhkan kepercayaan sekolah.”

Kajur Pendidikan Agama Hindu Lilik,S.Ag., M.Pd.H menegaskan bahwa mahasiswa kependidikan harus memiliki kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional dan sosial yang semuanya akan mendukung keberhasilan praktek di Sekolah tempat praktek masing-masing. Secara khusus, Ketua Jurusan Pendidikan Agama Hindu berpesan agar para mahasiswa menjaga diri dan berhati-hati dalam menempuh perjalanan ke lokasi serta menjaga nama baik almamater kampus tercinta. Para mahasiswa yang mengikuti pembekalan, Program Praktek Mengajar akan melakukan program PPM selama 5 bulan di sekolah.

Contact Us

STAHN-TP Palangka Raya

Alamat : Jln. G. Obos X Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Indonesia, 73112
Telp : (0536) 3229942, 324039, 3327942
Fax : (0536) 3242762
This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Connet With Us

   

Find Us On Facebook