×

Error

The template for this display is not available. Please contact a Site administrator.

BERPIKIR INOVATIF, BERKATA LOGIS DAN BERSIKAP PROFESIONAL

Demikian kata sambutan yang disampaikan oleh Ketua STAHN-TP Palangkaraya, diwakili oleh Ketua I Dr.Pranata, S.Pd.,M.Si dalam sambutannya pada saat membuka seminar akademik Jurusan Brahma Widya Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Tampung Penyang Palangkaraya (STAHN-TP Palangkaraya di Aula Serbaguna STAHN-TP Palangkaraya, Jumat 26 Februari 2016. 

Ini sama dengan Sub Tema yang diusung pada seminar ini yaitu: “Menuju Kurikulum dan Silabus Program Studi Filsafat Agama Hindu yang mampu mencetak generasi Hindu berpikir Inovatif, berkata logis dan bersikap profesional”

Kata Beliau, sub tema ini sangat tepat sekali, apakah ini suatu kebetulan atau memang memikiran panitia peleksana Seminar ini sama sama dengan saya, katanya. Perlu dijelaskan dalam dalam sub tema ini, ada tiga kata kunci yang perlu dicermati sebagai mahasiswa, sub tema ini adalah: Inovatif, logis dan profesional, ketiga kata kunci ini wajib diartikan secara luas. Beliau mencontohkan ketika maahasiswa diajak praktek kerja lapangan kedalam hutan oleh dosen pembingbingnya, mengamati segala sesuatu yang ada didalamnya, dan apa - apa saja yang ada.

Setelah berlangsung beberapa menit mahasiswa itu mengamati hutan, ditanya oleh dosen pembingbingnya. Mahasiswa A ditanya, apa yang kamu dapat lihat, semut pak, mahasiswa B, apa burung pak, mahasiswa C ular pak dan seterusnya. Ditanggapi oleh dosen pembingbingnya itu, semua yang kamu jawab itu benar, namun kalau dikaitan dengan sub tema tadi, berpikir Inovatif, berkata logis dan bersikap professional, itu menjadi kurang tepat. Ditanya lagi oleh Pembingbingnya, apa yang kamu lihat lagi, ada mahasiswa yang menacungkan tangan, yang saya lihat pak ada gajah yang beberapa menit ini mau melahirkan. Kenapa bisa memberikan analisa seperti itu. Begini Pak, kata Mahasiswa. Gajah itu besar sekali perutnya, dan tampaknya ia meraung-raung dan dalam kemaluan gajah itu keluarlah lender, dan sedikit bececeraan darah, ini artinya analisa saya tidak sampai hitungan jam pasti di akan melahirkan, dilihat dari tanda-tanda itu, tegasnya mahasiswa.

Mendengar jawaban Mahasiswa seperti itu, inilah yang disebut salah satu berpikir Inovatif, berkata logis, dan bersikap profosional, karena jawaban itu sesuai dengan kata kunci Sub Tema tadi, tepuk tangan Mahasiswa.

Terakhir sebalum saya buka , sebagai Mahasiswa. Pemikiran-pemikiran inilah yang sngat-sangat diharapkan jangan asal menjawab.semua jawaban Mahasiswa tadi benar namun sebagai mahasiswa harus punya jawabab Inovatif, logis dan professional. tegasnya.

Demikian laporan Dr.Drs. I Made Suyasa,MAP.,M.Si:Kanit TI dan PDPT STAHN-TP Palangkaraya, tanggal 26 Februai 2016.