×

Error

The template for this display is not available. Please contact a Site administrator.

WORKSHOP BADIAN LONGAN

Sabtau tanggal 26-28 September 2015, tempat di Aula Gedung Serbaguna STAHN-TP Palangkaraya dilaksanakan Acara Worksop Badian Longan oleh Jurusan Dharma Widya dengan menhadirkan para narasumber dari Desa pepas Kabupaten Barito Utara ( 9 Jam dari kota Palangkaraya, belum termasuk naik spit )


Sebanyak 37 orang yang didatangkan dari desa pepas terdiri dari tukang badian, tukang acara, tukang tabuh, tukang tari , ia satu team. Kedatangannya disambut oleh Ketua Jurusan Brahma Widya Tiwi Etika PhD, bersama jajarannya. Sebelum masuk kehalaman kampus dilakukanlah acara pemetongan pantan oleh tukang badianya memalui Proses Upacara. Tukang Badian mengemukakan apa maksud dan tujuannya datang kesini. Selasai acara itu barulah masuk kehalaman kampus beristirahat karena perjalannya sangat melelahkan .
Besoknya sabtu 26 setelah perlengkapan usai dibuat oleh tem dari tukang badian longan acara dimulai. Diawali dengan prosesi memakai sarana-sarana seperti ayam merah, beras ketan, beras hitam, rokok, Mandau dll (Foto kegiatan terlampir), lalu tukang badiannya melantunkan doa-doa, diikuti oleh pengikutnya sahut menyahut hampir 3 jam tampa berenti. Terakhir setelah doa selasai, kemudian ayam merah itu dipotong lehernya, lalu darahnya dicolekan kepada peserta yang hadir. Menurut tukang badian maksunya adalah sebagai sarana pembesihkan sebelum puncak acara dimulai pada minggu malam. Inisiasi ini terus dilakukan sebelum pucak acara. Pas minggu malam Puncak acara dimulai, acaranya mulai semalam suntuk

Tujuan dilaksanakan Workshop Badian Longan oleh ketua panitia Tiwi Etila Ph.D adalah untuk melestarikan tridisi leluhur orang Dayak di daerah aliran sungai Barito Utara yang sudah hampir punah. Maka itulah acara Worshop Badian Longan ini dilaksanakan dengan mendatangkan tukang badian Desa pepas Barut (Ka.TI dan PDPT STAHN-TP)


GAMBAR I Para Tukang Badian Longan Desa Pepas, Barut

Gambar II Tukang Badian Longan (paling kananSedang melakukan Doa)