×

Error

The template for this display is not available. Please contact a Site administrator.

MAHASISYA UPANAYANA MAHASISWA BARU STAHN-TP PALANGKARAYA 2015/2016

Tempat di Balai Basarah (sebutan tempat Suci Umat Hindu Kaharingan di Kalimantan tengah) senin 7 September 2015 dilaksanakanlah Upacara Mahasisya Upanayana oleh Mahasiswa baru dari empat jurusan di STAHN-TP Palangkaraya. Jumlah Mahasiswa yang diwinten/ disucikan secara batin sebelum memulai perkulihan baru dari keempat jurusan itu adalah lebih seratus orang.

 

Upacara ini dipimpin oleh Pinandita Anak Agung Gde Wiranata S.Ag.,M.Ag dan Basir Erwandi. Pemimpin Upacara ini sengaja dikaborasikan karena mahasiswa baru yang kuliah di STAHN-TP Palangkaraya terdiri dari berbagai suku. Ada Suku asli Hindu jawa, ada Suku asli Hindu Bali dan ada suku asli Hindu Kalimantan tengah. Tujuan dikaborasikan dua pemimpin upacara ini agar Mahasiswa dapat memahami, inilah keberagaman Hindu dalam menerapkan tatacara beragama, walaupun berbeda-beda menyesuaikan dengan tradisi dan budaya dimana Hindu itu tumbuh dan berkembang, tetapi masih tetap dalam satu bingkai yang utuh
Tujuan dari pada Upacara Mahasisya Upayana adalah sebagai penyucian/pembersihan diri secara batin mahasiswa dalam memulai perkuliahan baru. Ini wajib dilaksanakan oleh perguruan tinggi agama Hindu, karerna mata kuliah pada perguruan tinggi agama Hindu umumnya lebih banyak muatan agamanya, maka itulah sekiranya ada hal-hal yang sipatnya memerlukan penyucian batin dalam mempelajarinya supaya kita terbebas dari hal-hal yang tidak diinginkan baik secara pribadi ataupun kelompok.
Adapun prosesi Upacara Mahasisya Upanayana dimulai dari pekala-kalaan, terus penyucian, nunas tirtha dan pengikatan Karawista dikepala masing-masing Mahasiswa. Acara tepat selasai jam 12. Siang ( Ka.TI dan PDPT: Dr.drs.I Made Suyasa, MAP.,M.Si)
Bersama ini tampilkan gambar yang berkaitan dengan Upacara Mahasisya Upanayana

 


Gambar I Mahasiswa sedang melaksanakan Persembahyangan

 

 


Gambar II Pinandita Anak Agung Gde Wiranata, S.Ag.,M.Ag dan Basir Erwandi sedang memimpin acara Persembahyangan

Gambar III Sangku Tampak Raja, identik dengan Daksina sebagai salah satu perlengkapan Upacara Mahasisya Upanayana