YUDISIUM PERDANA PROGRAM PASCASARJANA PROGRAM STUDI MAGISTER ILMU HUKUM AGAMA HINDU STAHN-TP PALANGKARAYA 2014/2015

Yudisium Pascasarjana Hukum 2014

Acara yudisium perdana program studi Magister Ilmu Hukum Sekolah Tinggi Agama Hindu Tampung Penyang Palangkaraya (STAHN-TP Palangkaraya) dilaksanakan Hari Rabu, 31 Desember 2014 di ruang Rapat lantai II Rektorat STAHN-TP Palangkaraya.

 

Acara dihadiri oleh Ketua STAHN-TP Palangkaraya Prof.Drs. I Ketut Subagiasta,M.Si, D.Phil, Wakil Ketua I bidang akademik dan pengembangan lembaga Dr.Pranata, S.pd.,M.Si, Wakil Ketua II bidang Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan Mitro, S.pd., M.Si, Wakil Ketua III, Bidang Kemahasiswaan Kerja sama alumni, Budhi Widodo, SH,.MH, Kabag Administrasi Umum Akademik dan Kemahasiswaan (AUAK) Rosna Dewita SE.,M.Si.,

Direktur Program Pascasarjana Dr.I Made Kastama, SH.,MH, Ketua Jurusan Dharma Acarya Lilik S.Ag.,M.Pd.H. Ketua Jurusan Dharma Duta Evie, S.Pd.M.Pd, Ketua Jurusan Dharma Sastra Mariatie S.Ag.,M.Si, Ketua Jurusan Brahma Widya Tiwi Etika S.Ag.,M.Ag.,Ph. D, Kasubag Akademik Kemahasiswaan dan Alumni, Rohanasari S.Ag.,M.PdH, Kasubag Perencanaan, Keuangan dan Akuntansi Leru, S.Ag, Kasubag Adminitrasi Umum, Sri Kayun SH.,M.Si, Kepala Pusat P2M Suwita S.Ag.,M.Si, Kepala Pusat Pemjamin Mutu Handoko S.Ag.,M.Si, Kepala Unit Perpustakaan Wentin S.Ag.,M.PdH, Kepala Unit pengembangan Bahasa, Winawati, S.Pd.,M.Pd, Kepala Unit Teknologi informasi dan Pangkalan data, Dr.Drs,I Made Suyasa,MAP,M.Si dan para undangan lainya.

Acara diawali dengan pembukaan oleh pembawa acara, terus dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, dipimpin oleh Ni Made Nuriati A,Md, acara kedua Doa dipimpin oleh Suwito S.Ag.,M.Si, dilanjutkan dengan laporan Direktur Program Pascasarjana Dr. I Made Kastama, SH.,MH.

Dikatakan dalam laporanya diiringi rasa syukur yang mendalam, perkenankan saya menyampaikan Laporan Pelaksanaan Yudisium Program Pascasarjana Tahun 2014, dengan memanjatkan pujastuti kehadapan Hyang Widhi Wasa/Ranying Hatalla Langit, karena atas asung kertha wara nugrahaNya pada hari ini kita bersama-sama dapat menghadari acara Yudisium Program Studi Ilmu Hukum Agama Hindu pada hari 31 Desember 2014 ada dalam keadaan sehat-sehat.
Pada hari yang berbahagia ini, Program Pascasarjana Prodi Magister Ilmu Hukum agama Hindu melaksanakan acara yudisium, dimana acara yudisium pada hari ini merupakan yudisium yang perdana pada Prodi Ilmu Hukum agama Hindu.

Mahasiswa Magister hukum yang di yudisium hari ini telah melampaui masa-masa perkuliahan, masa-masa konsultasi dan masa-masa ujian mata kuliah termasuk Ujian Akhir Studi Tesis sebagai syarat wajib ditempuh bagi mahasiswa S2. Dengan telah di yudisiumnya mahasiswa S2 Ilmu Hukum Agama Hindu merupakan kebanggaan bagi kita semua khususnya Prodi Ilmu Hukum Agama Hindu setelah melaksanakan tugasnya semenjak ijin operasional Pembukaan S2 Ilmu Hukum Agama Hindu ini diterbitkan Tahun 2012 berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Hindu Nomor 124 Tahun 2012 Tentang Izin Pembukaan Program Pascasarjana Strata Dua Ilmu Hukum Agama Hindu Pada Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Tampung Penyang Palangka Raya (STAHN-TP Palangkaraya)

Tujuan diselenggarakan Yudisium ini adalah sebagai legal formal penggunaan gelar Magister Hukum, sehingga gelar ini sebagai hak Formal bagi mahasiswa bersangkutan. Kepada Mahasiswa S2 yang di yudisium pada hari ini telah berhak menyandang gelar Magister Hukum dengan harapan agar para peserta yudisium mampu mengisi dan mengembangkan ilmu pengetahuan sesuai dengan kemampuan dan keahlian masing-masing.

Hari ini adalah puncaknya sebagai mahasiswa S2 segala ilmu pengetahuan yang telah ditempuh pada Program Pascasarjana Prodi Magister Ilmu Hukum agama Hindu sudah mencapai pada titik puncak, namun demikian mulai besok setelah yudisium ini, mahasiswa akan terjun kembali di tengah-tengah kehidupan masyarakat dengan start yang baru, pembelajaran yang baru, start dari nol di kehidupan masyarakat, start nol di dunia kerja sehingga masih banyak memerlukan perjuangan.

Dalam kondisi seperti inilah, seorang lulusan Perguruan Tinggi, benar benar akan diuji kemampuannya di tengah-tengah masyarakat. Sebagai pelopor dan penggerak pembangunan, lulusan Perguruan Tinggi diharapkan tidak hanya pandai mencari kerja, tetapi juga lebih penting justru dapat menciptakan lapangan pekerjaan baru, baik bagi dirinya , keluarga, maupun paling tidak masyarakat sekiternya. Untuk itu saudara yang di yudisiun pada hari ini mampu memikirkan hal itu.

Lancarnya pelaksanaan yudisium pada hari ini tanggal 31 Desember 2014 berkat dukungan dari lembaga STAHN-TP Palangka Raya baik dari segi anggaran biaya yang bersumber dari DIPA STAHN-TP Palangka Raya maupun dalam penggunaan sarana dan prasarana.
Pada kesempatan ini pula kami ucapkan terima kasih kepada semua Unsur Pimpinan, di Lingkungan STAHN-TP Palangkaraya, maupun Bapak/Ibu Dosen Program Pascasarjana yang telah bekerja keras dalam mendukung program ini sehingga bisa terwujud seperti ini.

Pada saat yang berbahagia ini pula kami ucapkan selamat kepada mahasiswa yang di yudisium atas keberhasilan saudara menyelesaikan studi secara formal di Program pascasarjana STAHN-TP Palangka Raya.

Dalam bagian yang lain Sambutan Ketua STAHN-TP Palanggkaraya, Prof Drs.I Ketut Subahgiasta, M.Si.,D.Phil mengatakan dubukanya Program Pascasarjana Ilmu Hukum Agama Hindu di STAHN-TP Palangkaraya ini adalah menjawab tuntutan Umat kedepan, dan melalui perjuangan yang sangat maksimal, sehingga sesuai dengan laporan Direktur Program Pascasarjana bahwa pada Tahun 2012 berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Hindu Nomor 124 Tahun 2012 Tentang Izin Pembukaan Program Pascasarjana Strata Dua Ilmu Hukum Agama Hindu Pada Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Tampung Penyang Palangka Raya (STAHN-TP Palangkaraya) di buka.

Kepada Mahasiswa yang di Yudisium pada Hari yang berbahagia ini secara formal memang anda sudah memegang gelar, namun janganlah berpuas diri hanya sampai disitu, itu adalah bagian awal dari kesuksesan di masyarakat, karena ilmu sifatnya berkembang, untuk itu saya sarankan kepada mahasiswa yang baru di yudisium ini teruslah belajar, belajar dan belajar.
Selasai memberikan sambutan, Ketua STAHN-TP Pelangkaraya dilanyutkan dengan kesan, pesan oleh yang yudisium, dan terakhir di dampingi oleh para Wakil Ketua, Kabag, para Kejur, para Kanit dan undangan lainya Ketua STAHN-TP Palangkaraya mengucapkan selamat kepada yang diyudisium ( Laporan: Kanit Informasi dan Pangkalan Data Dr. Drs.I Made Suyasa, MAP.,M.Si)