STAHN-TP Hadiri Upacara Puncak Ritual Wara Nyalimbat Di Desa Paring Lahung Kecamatan Montallat Barut

Upacara Puncak Ritual Wara Nyalimbat Di Desa Paring Lahung Kecamatan Montallat Barut

Palangka Raya, Perwakilan Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Tampung Penyang (STAHN-TP) Palangka Raya, Sabtu (6/9/2014) masing-masing dari unsur dosen Budhi Widodo, MH, Suryanto, M.Pd dan dari mahasiswa Betli Sudarman, Sutra, dan Sudi menghadiri undangan acara puncak Ritual Wara Nyalimbat di Desa Paring Lahung Kecamatan Montallat Kabupaten Barito Utara.

Acara puncak upacara ritual Wara Nyalimbat dihadiri oleh Pejabat Pemerintah daerah Kabupaten Barito Utara, Ketua MD-AHK Kabupaten Barito Utara, yang mewakili Kapolres Barito Utara, Kapolsek Kecamatan Montallat, Camat Montallat, Ketua MR-AHK Kecamatan Montallat, Ketua MK-AHK Desa Paring Lahung dan beberapa undangan lainnya.

 

Acara puncak ritual wara nyalimbat ditandai dengan penusukan hewan kerbau dan pemasangan patung sapundu, berlangsung meriah namun tetap dalam suasana yang sakral, sebanyak 7 (tujuh) orang Kandong (Rohaniwan Hindu Kaharingan wilayah Barito) dengan hikmad memimpin jalannya ritual tersebut.

Upacara Puncak Ritual Wara NyalimbatUpacara ritual wara nyalimbat adalah rangkaian upacara puncak dari seluruh tahapan upacara pitra yadnya bagi umat Hindu Kaharingan yang berada di wilayah kabupaten Barito Utara. Bagi STAHN-TP keikutsertaan dan kepedulian dalam berbagai kegiatan ritual umat Hindu Kaharingan di berbagai daerah merupakan bentuk pelaksanaan dari Tri Dharma Perguruan Tinggi.