WISUDA VIII DAN DIES NATALIS XIII STAHN-TP PALANGKA RAYA TAHUN 2014

Palangka Raya, 27 Agustus 2014. Wisuda adalah suatu proses pelantikan mahasiswa yang telah menempuh masa belajar pada suatu perguruan tinggi atau universitas. Umumnya dalam kegiatan itu turut hadir para undangan yang berasal dari wali mahasiwa dan segenap unsur Muspida. Demikian halnya dalam wisuda VIII dan kegiatan Dies Natalis XIII STAHN-TP Palangka Raya yang dilaksanakan pada tahun ini. 

Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Tampung Penyang Palangka Raya setidaknya mewisuda 128 mahasiswa dari empat jurusan. Jurusan Pendidikan Agama Hindu mewisuda 85 mahasisa, sementara jurusan Penerangan Agama Hindu mewisuda 19 mahasiswa, Jurusan Hukum Agama Hindu 14 Mahasiswa dan Jurusan Filsafat mewisuda 10 mahasiswa.

 

Acara wisuda tepat dilaksanakan pada pukul 08.00 WIB bertempat di aula serba guna STAHN-TP. Acara pembukaan di awali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, selanjutnya mengheningkan cipta. Suasana nampak berbeda ketika menyanyikan Mars dan Himne STAHN-TP. Kebahagiaan dan rasa haru menyelimuti para wisudawan/wisudawati serta undangan yang hadir. Dalam acara tersebut, hadir Dirjen Bimas Hindu, Prof. Dr. Ida Bagus Gede Yudha Triguna, MS. Selain itu, Staf ahli Gubernur turut hadir bersama dengan unsur Muspida Kalimantan Tengah lainnya. 

Dalam pembukaan sidang senat, Ketua STAHN-TP Palangka Raya, Prof. Drs. I Ketut Subagiasta, M.Si.,D.Phil mengucapkan selamat kepada para mahasiswa dan ucapan terima kasih kepada semua pihak atas kerjasama selama ini, terutama pemerintah daerah yang turut memberikan kontribusi terhadap berbagai bentuk kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang dilaksanakan oleh Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Tampung Penyang.

Sementara disela-sela sambutannya Dirjen Bimas Hindu menekankan pentingnya pengelola Perguruan Tinggi membaca kebutuhan pendidikan mendatang. Hal ini disebabkan oleh kompleksitas kehidupan yang semakin kompleks. Oleh karena itu, Perguruan Tinggi Hindu khususnya STAHN-TP harus mampu memberikan keterampilan pendukung lainnya kepada lulusannya. Beilau pula menekankan pentingnya sikap kritis dalam menyikapi berbagai dinamika kehidupan kedepan. Sikap kritis ini merupakan sebuah sikap yang maknanya dapat memberikan sumbangan terhadap kemajuan sebuah pergurua tinggi dan masyarakat.

Sedangkan, gubernur Kalimantan Tengah dalam sambuatannya yang dibacakan oleh staf ahlinya mengucapkan selamat atas terlaksananya wisuda mahasiswa dan Dies Natalis STAHN-TP Palangka Raya. Dalam sambuatan tertulisnya, Gubernur Kalimantan Tengah memohon maaf atas ketidak hadiran beliau dalam wisuda ini. 

Acara wisuda berakhir pada pukul 11.30 WIB. Dilanjutkan dengan menikmati makan siang bagi tamu undangan di rumah jabatan Ketua STAHN-TP. Sementara pada pukul 16.00 WIB, perayaan sederhana Dies Natalis dilaksanakan di gedung yang sama.

Dalam sambuatan perayaan Dies Natalis XIII tersebut, ketua STAHN-TP Prof. Drs. I Ketut Subagista, M.Si.,D.Phil mengucapkan angayu bagia atas kerjasama dan semangat pengabdian para staf dan dosen serta mahasiwa dalam membangun STAHN-TP. Acara Dies Natalis diawali dengan doa bersama dan memotong tumpeng kuning yang telah dipersiapkan oleh panitia pelaksana, acara diakhiri dengan menyanyikan lagu selamat ulang tahun. Jaya STAHN-TP Palangka Raya.