×

Error

The template for this display is not available. Please contact a Site administrator.

YUDISIUM DAN SAMAWARTANA MAHASISWA STAHN-TP PALANGKA RAYA TAHUN 2014

Yudisium Mahasiswa STAHN-TP Palangka Raya 2014Palangka Raya, Senin 25 Agustus 2014. Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Tampung Penyang (STAHN-TP) Palangka Raya melaksanakan yudisium mahasiswa VIII bertempat di aula serba guna Sekolah Tinggi Agama Hindu satu-satunya di pulau Kalimantan. Acara yudisium dihadiri segenap pejabat intern dilingkungan kampus yang berdiri sejak tahun 2001. 

Yudisium mahasiswa diikuti 124 peserta dari empat jurusan; Jurusan Pendidikan Agama Hindu, Penerangan Agama Hindu, Hukum Agama Hindu dan Filsafat Agama Hindu. Peserta yudisium didominasi oleh jurusan pendidikan Agama Hindu dengan jumlah peserta 81 mahasiswa, Jurusan Penerangan 19 mahasiswa, Hukum Agama Hindu 14 mahasiswa dan jurusan Filsafat Agama Hindu berjumlah 10 mahasiswa.

 

Yudisium di awali dengan acara pembukaan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan sambutan masing-masing ketua jurusan yang diwakili Mariatie, S.Ag.,M.Si. Mariati, S.Ag.,M.Si menerangkan bahwa yudisium ini adalah suatu keputusan untuk seorang mahasiswa, dimana ia dinyatakan telah memenuhi berbagai macam persayratan akademik dan administratif yang diwajibkan sehingga secara sah dinyatakan lulus dan berhak memperoleh gelar kesarjanaan strata-1.
Selain itu, arti yudisium adalah proses akademik yang menyangkut penerapan nilai dan kelulusan mahasiswa dari seluruh proses akademik yang telah ditempuh. Selain itu, Yudisium juga berarti pengumuman hasil nilai kepada mahasiswa sebagai proses penilaian akhir dari seluruh mata kuliah yang telah di ambil mahasiswa dan penetapan nilai dalam transkrip akademik serta menerima keputusan lulus atau tidaknya mahasiswa dalam menempuh studi selama jangka waktu tertentu, dan ditetapkan oleh fakultas atau jurusan atau pejabat berwenang yang dihasilkan dari keputusan rapat yudisium.

Selanjutnya dalam sambutannya Ketua STAHN-TP Palangka Raya, Prof. Drs. I Ketut Subagiasta, M.Si.,D.Phil memberikan pesan agar seluruh peserta yudisium dapat membangun cara berpikir kritis. Guru besar lulusan salah satu Universitas terkemuka di India ini juga menekankan pada pentingnya pengabdian dan pelayanan para lulusan setelah kembali ke tengah-tengah masyarakat. Beliau juga mengapresiasi jumlah peserta yudisium yang dari tahun-ketahun mengalami peningkatan. Peningkatan ini mengandung makna, bahwa kepercayaan masyarakat Hindu di Kalimantan terhadap keberadaan STAHN-TP sangat baik.

Rangkaian acara yudisium ditutup dengan samawartana yang dilaksanakan di Pura Jagat Natha (Pita Maha) Kota Palangka Raya. Pemimpin upacara samawartana dilakukan oleh Jero Mangku Gede Wayan Rasmin di dampingi Pemangku Anak Agung Gede Wiranata. Sebelum upacara samawartana dilaksanakan, Ketua STAHN TP Prof. Drs. I ketut Suabgiasta, M.Si.,D.Phil memberikan pencerahan terkait dengan pemaknaan samawartana. Menurut beliau samawartana merupakan pemberian pengesahan terhadap para brahmacari yang telah lulus dalam menempuh pendidikan. Oleh sebab itu, ilmu yang diperoleh agar dapat dimanfaatkan untuk kepentingan dan kebaikan masyarakat dimanapun nantinya para lulusan atau alumni STAHN TP mengabdi.