Seminar Akademik Jurusan Filsafat Agama Hindu

Palangkaraya (06/5/2014) Selasa pagi, Jurusan Penerangan Agama Hindu STAHN Tampung Penyang Palangkaraya melaksanakan seminar akademik yang bertema "Memaknai Etika dan Filsafat Dalam Ritual Agama Hindu", bertempat di Gedung Rektorat Lantai II STAHN-TP Palangkaraya. Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa jurusan filsafat, jurusan hukum, jurusan pendidikan dan jurusan penerangan, dan juga para dosen. Dengan mengahdirkan para pembicara (pemateri) seminar antara lain seperti : 1).Prof.Drs.I Ketut Subagiasta, M.Si.,D.Phil dosen jurusan Filsafat Agama Hindu. 2).DR.Iwayan Salendra,S.Ag,M.Si yang juga dosen jurusan Filsafat Agama Hindu.

Katua panitia pelaksana,Wayan Gepu,S.Ag.,M.Fil.H dalam laporannya menyatakan bahwa kegiatan seminar akademik merupakan kewajiban bagi setiap perguruan tinggi dimanapun berada. Hal ini dimaksudkan untuk membuka cakrawala berpikir dikalangan akademik. Selain itu dimaksudkan untuk menumbuh-kembangkan atmosfir intelektual akademis bagi warga kampus STAHN-TP Palangka Raya, khususnya yang terkait dengan etika dan ritual keagamaan Hindu, kata Wayan Gepu. Melalui diskusi ini, Jurusan Filsafat Agama Hindu yang memiliki komitmen dalam bidang filsafat teologi keagamaan Hindu berupaya mengupas secara mendalam,tentang filsafat(etika) hubungan rirual(upacara) dengan pelaksanaan keagamaan Hindu, dengan demikian mampu memberikan jawaban terhadap persimpangan antara adat dan agama didalam agama Hindu yang ada dari perspektif Filsafat",ucap Wayan Gepu.

Kegiatan seminar akademik Jurusan Hukum Agama Hindu STAHN-TP Palangkaraya ini dibuka secara langsung oleh ketua STAHN Tampung Penyang Palangka Raya (Prof.Drs.I Ketut Subagiasta,M.Si.,D.Phil). Di dalam arahan dan sambutannya, ketua STAH menyatakan sangat mendukung dan mengapresiasi pelaksanaan kegiatan seminar ini. Sebab seminar ini memberikan pencerahan, penguatan spritual dan juga memantapkan kematangan jiwa terkait dengan etika dan susila di dalam ajaran agama Hindu yang implementasinya akan dibahas di dalam materi seminar, kata Subagiasta. Pada kesempatan yang sama, ketua STAH ini berharap, agar seluruh perserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik. Kepada peserta dihapakan pula dapat berperan aktif selama berlangsungnya kegiatan seminar akademik ini. Dengan demikian saya yakin dan percaya bahwa seminar ini dapat berjalan dengan baik serta dapat memberikan manfaat positif bagi peserta, tandas Subagiasta.

Tampak antusiasme mahasiswa mengikuti seminar akademik ini, hal itu dapat terlihat dari semua kursi yang tersedia berjumlah 80 buah ternyata terisi semua, sehingga panitia harus menambah kapasitas kursi duduk. Peserta seminar tampak serius mendengarkan paparan yang disampaikan oleh para pemateri. Pemateri Prof.Drs.I Ketut Subagiasta,M.Si.,D.Phil, dengan judul “Memaknai Etika dan Filsafat Hindu Dalam Implementasi Ritual Agama Hindu” dan pemateri berikutnya DR. I Wayan Salendra,S.Ag.,M.Si dengan judul “Pengendalian Diri dan Etika Dalam Ajaran Agama Hindu” materi yang disampaikan para pemateri juga sangat berkualitas, kelihatannya cukup menarik perhatian peserta. Seperti yang dikatakan Nyoman Tantri,S.Pd,M.Pd (sekretaris panitia penyelenggara) bahwa seminar kali ini cukup menjadi perhatian dikalangan mahasiswa dan dosen. Selaku panitia kami merasa puas karena seminar ini mendapat respon positif di kalangan civitas akademika STAHN-TP Palangkaraya. Mudahan kedepannya, tradisi seperti ini tetap dapat kita pertahankan, kata Tantri.***(Arma/Roni;06/5/2014).