Jalan Santai Dalam Rangka Dharma Santhi Tahun Baru Saka 1936 Dan Ulang Tahun Integrasi Kaharingan - Hindu Dharma Ke 34

Jalan Santai Dalam Rangka Dharma Santhi Tahun Baru Saka 1936Palangka Raya, (20/04/2014), Minggu pagi pukul 06.00 WIB, umat Hindu Kota Palangka Raya tumpah ruah hadir di halaman Balai Basarah (Balai Induk Kaharingan) di jalan Tambun Bungai No.05 Palangkaraya untuk mengikuti kegiatan Jalan Santai dalam rangka Dharma Shanti Nyepi Tahun Baru Saka 1936 dan ulang tahun itegrasi Kaharingan dan Hindu Dharma ke 34. Suasana menjadi sangat meriah dengan berbagai jenis kegitan dan perlombaan yang telah disiapkan oleh panitia penyelenggara. 

 

Adapun jenis kegiatan dimaksud antara lain kegiatan jalan santai, kegiatan donor darah, tarik tambang dan perlombaan lari karung. Kegiatan donor darah diikuti sekitar 50 relawan umat Hindu yang langsung dikoordinir oleh dr.Nyoman Yudha, salah satu dokter senior di RSUD dr. Doris Sylvanus Palangka Raya. Dalam kesempatan itu, dr. Nyoman mengatakan “kegiatan donor darah ini adalah bentuk kontribusi umat Hindu sebagai bagian dari anak bangsa yang memiliki kepedulian terhadap sesama kita, donor inipula merupakan wujud nyata dari implementasi ajaran tattwan asi”.

Jalan Santai Dalam Rangka Dharma Santhi Tahun Baru Saka 1936Dalam acara itu hadir pula Ketua PHDI Prov.Kal-Teng (Prof.Dr.I Nyoman Sudyana,M.Sc) Ketua umum MBA-HK (Drs.Walter S.Pinyang), Pembimas Hindu Kemenag Prov.Kalteng (Dra. Sisto Hartati), Ketua STAHN-TP Palangkaraya (Prof.Drs. I Ketut Subagiasta, M.Si, D.Phil) dan para pegawai, dosen, dan mahasiswa STAHN TP Palangka Raya. Disamping itu hadir pula dalam kegiatan ini para tokoh dan sesepuh umat Hindu/Hindu Kaharingan yang ada di Palangka Raya.

Turut hadir dalam acara tersebut, wakil Wali Kota Palangka Raya (DR. Mofit Saptono), kehadiran orang nomor dua di Pemerintah Kota Palangka Raya itu dalam rangka secara resmi kegiatan jalan santai dan perlombaan dalam rangka Dharma Shanti Nyepi Tahun Baru Saka dan HUT Integrasi umat Hindu Kaharingan. Kegiatan jalan santai mengambil start di depan Balai Induk Kaharingan jalan Tambun Bungai, dengan rute jalan santai melewati jalan tambun bungai - jalan A.Yani melewati kantor Dinas Pekerjaan Umum menuju bundaran besar kearah selatan, jalan Imam Bonjol. Dilanjutkan kemudian menuju jalan Pangeran Diponogoro dan diakhiri finish di halaman Balai Induk Kaharingan.

Sementara dalam perlombaan tarik tambang, dilaksanakan dalam dua kategori yaitu kategori putra dan putri. Kategori putri diikuti oleh delapan tim, sedangkan untuk tim putra diikuti oleh delapan tim. Antusiasme peserta tarik tambang sangat tinggi meskipun di bawah hangatnya terik matahari tidak menjadi halangan. Demikian pula penonton yang menyaksikan penuh semangat mendukung masing-masing tim kesayangannya. Sikap sportifitas ditunjukkan oleh masing-masing peserta dan pendukung mereka, soal kalah dan menang tidak terlalu diutamakan. Kegembiraan dan canda tawa nampak dari peserta yang hadir, sehingga kegitan itu menjadi bertambah meriah dan sangat mengesankan. Semoga kegiatan ini memberikan makna dalam menjaga kerukunan dan harmonisasi umat Hindu di Palangka Raya. (Agung Adi/Arma).