Ketua STAHN TP Melepas Peserta KKN Angkatan XII Tahun 2014

Pelepasan KKN 2014

Pelepasan KKN mahasiswa STAHN TP dilakukan secara resmi dihalaman gedung perkuliahan STAHN TP Palangka Raya. Acara pelepasan dihadiri oleh Ketua STAHN TP Prof. Drs. I Ketut Subagiasta, M.Si.,D.Phil serta para pembimbing mahasiswa KKN. Ketua STAHN TP dalam acara pelepasan peserta KKN memberikan beberapa pesan dan berharap 1) agar mahasiswa dapat berperilaku baik, tertib, disiplin, bertanggung jawab dan mendorong upaya-upaya yang bersifat sosioreligius; 2) para mahasiswa peserta KKN agar belajar kepada masyarakat melalui tokoh adat, rohaniawan; 3) para mahasiswa diharapkan mampu menjadi contoh, teladan dalam berperilaku sesuai dengan agama Hindu Kaharingan; 4) mahasiswa diharapkan pula dapat mengimplementasikan pengetahuannya sehingga masyarakat mendapat manfaat positif dalam kehidupan beragama Hindu sesuai kondisi masing-masing.

Kegiatan KKN ini dilaksanakan selama satu bulan penuh terhitung dari tanggal 3 April sampai dengan 3 Mei 2014. Sementara jumlah peserta mahasiswa diikuti oleh 128 mahasiswa yang berasal dari empat jurusan; jurusan pendidikan agama Hindu, Penerangan Agama Hindu, Hukum Agama Hindu dan Filsafat Agama Hindu.

Pelepasan KKN 2014Sementara menurut ketua pengelola KKN, Suwito, S.Ag,.M.Si pelaksanaan KKN ini merupakan program kerja kampus untuk para mahasiswa dan merupakan mata kuliah wajib bagi para mahasiswa”. Disamping itu, Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) akan memberikan pengalaman kepada mahasiswa untuk turut berkontribusi kepada masyarakat khususnya dipedesaan. Melalui KKN ini mahasiswa diharapkan mampu memberikan pengabdian kepada umat Hindu Kaharingan di daerah-daerah terpencil. Lebih lanjut Suwito menjelaskan “pelaksanaan KKN kali ini bekerja sama dengan pemerintah Kabupaten Katingan. Oleh sebab itu, koordinasi telah dilaksanakan dengan baik oleh pengelola KKN dengan pemerintah Kabupaten Katingan hingga pada tingkat kecamatan dan Desa yang akan menjadi tempat dilaksanakan program ini. Sedangkan bentuk kegiatan KKN ini akan memfokuskan pada pembinaan rohani dengan menyesuaikan dengan situasi daerah setempat. Sementara lokasi penempatan KKN Mahasiswa diarahkan pada tiga kecamatan di Kabupaten Katingan. Kecamatan lokasi KKN tersebut adalah Kecamatan Sanaman Mantikei, meluputi dua desa yaitu Desa Tumbang Manggo dan Desa Tumbang Kaman. Kecamatan Petak Malai meliputi DesaTumbang Baraoi, Desa Tumbang Habangoi dan Desa Tumbang Jala. Kecamatan Marikit meliputi Desa Tumbang Hiran, Desa Rangan Surai, Desa Tumbang Pahanei, Desa Rangan Tangko, dan Desa Buntut Leleng.

Dalam acara pelepasan KKN ini beberapa hal penting diutarakan pula oleh Mariatie,S.Ag,.M.Si yang mewakili para pembimbing. Menurut Mariatie, para mahasiswa harus mampu menjaga nama baik almamater di masyarakat. Mariatie berpesan mahasiswa pada saat berada di lapangan harus mampu bekerja keras sebagai pelayan dan bukan untuk dilayani. Selain kedua hal tersebut menurut Mariatie, kegiatan KKN ini merupakan sebuah ajang sosialisasi yang akan dapat menggugah dan memotivasi masyarakat khususnya kaum muda dan mudi untuk melanjutkan pendidikan di STAHN TP Palangka Raya.Sebelum acara pelepasan dilaksanakan, terlebih dahulu dilakukan doa bersama dan ritual mapas. Ritual mapas dilakukan oleh Pisor Sudarwana Sakri. Menurut sang Pisor Wana panggilan akrabnya, tujuan mapas adalah untuk membuang atau melenyapkan dahiang (petanda) negatif yang hendak mengikuti perjalanan para peserta KKN. (Yoyok/A.Adi)